Dedeh Rosidah

Dedeh Rosidah

Dedeh Rosyidah Syarifudin alias Mamah Dedeh merupakan penceramah yang lahir di Pasir Angin Ciamis, Jawa Barat. Mamah Dedeh punya karakter suara lantang namun dalam balutan khas aksen sunda. Mamah Dedeh lahir pada tanggal 5 Agustus 1951.

Aksen khas dari Mamah dedeh ini terbentuk karena kebiasaan yang kulakukan sejak kecil, ketika beliau dan kelima saudara nya mulai bahu-membahu membantu orangtua dengan bekerja di sawah. Kedua orangtua Mamah Dedeh bekerja sebagai petani ketika siang dan menjadi guru ngaji bila malam tiba.

Kehidupan masa kecil Mamah Dedeh biasa-biasa saja, sama seperti layaknya anak lain, namun ia besar dalam lingkungan pesantren yang kental nuansa agama Islam.

Layaknya anak-anak, Mamah Dedeh dan kakak-adik nya juga sering bertengkar. Penyebabnya, biasanya karena berebut mainan dan makanan. Meski kebanyakan anaknya adalah perempuan, kedua orangtua Mamah Dedeh justru menempa kerenam anak nya supaya menjadi anak yang mandiri sejak SD. Tugas kami sebagai adalah membantu orangtua adalah mengawasi usaha milik mereka.

K.H. Sujai (Alm) yang merupakan ayah dari Mamah Dedeh juga seorang mubalig. Jadi tidak heran jika sedikit banyak Mamah Dedeh mewarisi bakat berdakwah dari sang ayah. Namun sewaktu kecil dan beranjak dewasa, Mamah dedeh justru bercita-cita menjadi seorang seniman, tepatnya menjadi seorang pelukis. Cita-cita ini tentu saja tidak mendapat restu dari kedua orang tua Mamah Dedeh.

Lulus SD, Mamah Dedeh melanjutkan sekolahnya ke sekolah agama, lalu meninggalkan Ciamis untuk kuliah di Jakarta. Dari sinilah rutinitas mengajar mengajinya yang tak pernah terhenti sejak kecil jadi makin melebar. Pernikahannya dengan anak kiai juga ikut memberi andil dalam membesarkan kiprahnya di dunia dakwah.

Mamah Dedeh menajutkan kuliah di Jakarta mendalami ilmu agama Fakultas Tarbiyah di IAIN yang kini bernama UIN Syarief Hidayatullah di Ciputat, Jakarta.

Di bangku kuliah juga Mamah Dedeh bertemu jodoh nya yaitu (alm) Syarifuddin, yang merupakan kakak kelas Mamah Dedeh di kampus. Memang sudah suratan takdir, ternyata (alm) Syarifudin juga merupakan putra dari seorang mubalig bernama KH. Hasan Basri yang masih keturunan dari Guru Mughni.

Mamah Dedeh dan (alm) Syarifudin akhirnya memutuskan menikah pada tahun 1970. Dan pada saat itu Mamah Dedeh masih kuliah di IAIN. Tapat nya merka menikah saat Mamah Dedeh menginjak tahun ke tiga kuliahnya.

Setelah menikah, Mamah Dedeh kembali ke kampus untuk meneruskan kuliah. Tinggal juga tetap di asrama kampus. Namun setiap akhir pekan ia tinggal dirumah ayah Syarifudin di bilangan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Menikah sambil kuliah tidaklah sulit bagi seorang Mamah Dedeh, karena ia selalu menjalaninya dengan senang hati. Empat tahun setelah menikah, yaitu tahun 1974, Mamah Dedeh melahirkan anak pertama. Waktu itu, Mamah Dedeh sudah lulus kuliah dan pulang ke rumah mertua nya di Tanah Abang. Lima tahun kemudian, setelah punya dua anak, Mamah Dedeh dan keluarga kecil nya pindah ke Depok. Hidup di Depok Mamah Dedeh kemudian datang 3 anak lain dari pernikahan nya.

Setelah menikahdan punya anak tidak mengurangi kegiatan Mamah Dedeh untuk terus berdakwah, selain berdakwah di Ciputat,ia juga mengajar mengaji di Tanah Abang, mengikuti kegiatan keluarga suami. Setelah pindah ke Depok, semakin luas pergaulan dan jaringan Mamah Dedeh, dan makin banyak tempat yang dikunjungi untuk berdakwah.

Nama Mamah Dedeh mulai dikenal luas ketika ia masuk menjadi penyiar di Bens Radio yang punya jaringan siaran di 33 kota di Indonesia. Radio bentukan Budayawan Betawi Benyamin Sueb itu menjadi titik awal karier Mamah Dedeh sebagai penceramah. Mamah dedeh sendiri masuk menjadi penyiar di Bens Radio sejak tahun 1994.

Sejak saat itu perlahan namun pasti nama Mamah Dedeh mulai dikenal luas oleh masyarakat. Dan kesempatan untuk tampil dalam acra skla nasional pun datang. Ketika tahun 2007 ia mempunyai program sendiri di Indosiar dan kemudian berlanjut ke ANTV hingga sekarang.

See Also

Tips Memilih Baju Sarimbit
Tips Memilih Baju Sarimbit
Cara Memilih Baju Muslim Anak
Cara Memilih Baju Muslim Anak
Cara Belanja Online di Al Fath
Cara Belanja Online di Al Fath
Tips Memilih Baju Muslim Anak
Tips Memilih Baju Muslim Anak